Jumaat, 5 November 2010

MODEN&Generasi Muda

Seiring perputaran waktu, maka perubahan demi perubahan selalu ada di negara kita ini yaitu bangsa Indonesia. Mulai dari perubahan moral, etika, adat istiadat sampai dengan teknologi. Sehingga dampak dari perubahan – perubahan adakalanya menguntungkan bangsa, tapi adakalanya juga merugikan bangsa kita. Walaupun bangsa kita maju di bidang IPTEK- nya, tapi apakah kita tidak sadar dengan semakin rendahnya etika dan moral bangsa kita di mata negara lain ? Dahulu anak muda bangsa kita mempertaruhkan jiwa dan raganya demi bangsa Indonesia tercinta, sampai harga diripun dipertaruhkan tak lain demi mempertahankan bangsa tanah air tercinta. Tapi pada era sekarang apakah generasi muda kita melakukannya sama seperti anak bangsa terdahulu ? Jawabnya tidak semua generasi muda kita melakukannya tanpa pamrih, kadang juga ada yang tidak sadar, bahkan berkhianat pada bangsa. Ada sebagian generasi bangsa yang masih mewarisi jiwa nasionalisme dan selalu berjuang memajukan bangsa dan negara kita.
Sekilas kita melihat generasi muda pada masa sekarang, banyak yang tidak tahu etika, bahkan kadang tidak mempunyai moral sama sekali. Lalu siapakah yang patut kita salahkan seandainya bangsa Indonesia semakin terpuruk dan tidak ada sikap nasionalisme sama sekali ? Pemimpin negarakah ? Tentu saja kita tidak bisa menyalahkan hanya sepihak, karena kesalahan jelas mutlak terletak pada diri individu masing – masing. Coba kita renungkan sejenak, ada yang kerap kali kita lupakan, yaitu perjuangan pahlawan – pahlawan kita terdahulu, yang selalu berjuang demi membela bangsa dan tanah air kita tercinta, bahkan merekapun tak takut mati. ”Hidup atau Mati” slogan itu yang selalu terucap oleh pahlawan – pahlawan kita terdahulu. Tapi apakah balasan untuk perjuangan mereka ? Coba kita berusaha mengenang dan mengabadikannya dengan cara memperingati hari pahlawan dan hari kebangkitan nasional. Tapi kita kadang lupa untuk memperingati hari – hari bersejarah itu. Padahal kita sebagai generasi penerus bangsa sepatutnya selalu mengenang jasa para pahlawan kita dan bisa dijadikan contoh sebagai bentuk perjuangan mempertahankan bangsa dan negara.
Hari kebangkitan nasional bisa kita warnai dengan kegiatan – kegiatan yang mencerminkan nasionalisme terhadap bangsa dan negara dan dapat mengenang jasa pahlawan nasional kita. Tapi dimata generasi muda, kebangkitan nasional kadang sering disalahartikan menjadi sesuatu yang dapat menyimpang dari kaidah – kaidah atau norma- norma yang ada di negara kita. Misalnya munculnya paham – paham baru yang bernuansa nasionalisme, sehingga dimata masyarakat umum terlihat rancu. Tapi pada pada hakikatnya adanya hari kebangkitan nasional merupakan wujud kita sebagai generasi penerus bangsa untuk dapat membangkitkan bangsa kita dari keterpurukan di segala aspek atau bidang yang ada.
Pada prinsipnya tidak semua orang menyadari akan adanya peringatan hari kebangkitan nasional, bahkan mungkin ada yang tidak mengerti makna yang terkandung pada peringatan hari kebnagkitan nasional. Maka kita sebagai generasi muda yang baik, sepatutnya membimbing generasi muda yang lain terutama yang tidak sadar akan arti penting kebangkitan nasional.
Dampak dari era globalisasi sekarang ini mungkin sangatlah banyak, tapi kita tentu tidak bisa menyebutkannya satu persatu. Beberapa dampak yang ada terutama bagi generasi muda penerus bangsa. Dampak positif maupun negatif pastinya ada, tapi lebih banyak dampak negatif atau positifkah ? Mungkin hampir seimbang dilihat dari perubahan – perubahan yang ada, tapi kita tidak akan membahas masalah itu hanya sebagai pengetahuan saja.
Kita kadang tidak sadar dengan keadaan bangsa yang selalu mengalami perubahan dari tahun ke tahun. Perubahan – perubahan itu terletak pada generasi – generasi muda yang akan menjadi penerus bangsa. Maju tidaknya bangsa kita terletak pada sumber daya manusianya. Adanya pendidikan merupakan untuk menciptakan generasi muda yang handal. Seiring berjalannya waktu tentunya banyak sekali perubahan – perubahan. mulai dari zaman batu sampai zaman teknologi seperti sekarang ini.
Perubahan itu memang mutlak terjadi, tapi kita sebagai penerus bangsa juga tidak melupakan jasa – jasa orang terdahulu yang memperjuangkan bangsa kita dari penjajah. Mungkin tanpa mereka, kita tidak bisa bernapas lega seperti sekarang ini. Maka patutlah kita untuk mengenang jasa – jasa mereka yaitu salah satunya dengan memperingati Hari Kebangkitan Nasional. Tidak harus diterapkan sama seperti zaman dahulu yaitu harus bertempur mati – matian untuk membela bangsa dan negara. Tapi cukup dengan melakukan kegiatan – kegiatan yang dapat mengenang perjuangan generasi muda terdahulu.
Generasi muda sekarang ini kebanyakkan tidak menyadari arti penting dari peringatan Hari Kebanngkitan Nasional. Mereka lebih senang hidup bebas seperti burung yang selalu bebas terbang ke angkasa. Di mata generasi muda, peringatan Hari Kebangkitan Nasional tidaklah penting, tapi pada hakikatnnya memperingati Hari Kebangkitan Nasional merupakan wujud kesadaran kita untuk dapat menghargai akan perjuangan pahlawan – pahlawan kita terdahului dan sebagai bentuk bela diri kita terhadap bangsa dan negara. Jadi, sangatlah penting untuk kita dalam memperingati Hari Kebangkitan Nasional. Tapi kebanyakkan generasi muda sekarang lebih cenderung mengutamakan hal – hal yang tidak penting, yang sifatnya kesenangan semata.
Hari yang seharusnya diperingati dengan hal yang bisa memberikan ketegaran dan semangat juang tinggi, tapi kadang justru diisi dengan sesuatu yang bisa menyesatkan bangsa. Bangkitlah Indonesiaku……….suarakan hal – hal yang bisa membangkitkan bangsa kita dari keterpurukan. Dalam segala aspek sebenarnya bangsa kita terbelakang terutama dalam bidang IPTEK. Mari kita bangkitkan semangat generasi pemuda kita dengan menggandeng dalam memperingati Hari Kebangkitan Nasional. Walaupun jarang sekali kita menemui orang yang mempunyai jiwa nasionalisme baik terhadap sesama, bangsa maupun negara.
Di mata generasi muda, Peringatan Hari Kebangkitan Nasional hanyalah sebagai simbol kebangkitan bangsa dari keterpurukan tapi ada juga yang menganggap kalau hal itu tidak penting. Namun kita sebagai warga Indonesia yang baik, tentunya harus selalu memperingati hari – hari bersejarah dalam mengenang pahlawan terdahulu. Mudah – mudahan kita termasuk orang yang mempunyai jiwa nasionalisme dan juga selalu memperingati Hari Kebangkitan Nasional dan diisi dengan sesuatu yang bermakna di mata bangsa dan negara.
                                           Oleh : M. Khaerul Anam- dikongsi semula by:zulkifli asri

Tiada ulasan:

Catat Ulasan