Ahad, 7 November 2010

Serikandi Islam : Umamah Bt Hamzah ( Putri Singa Allah)



Ketika itu kaum muslimin hampir sampai di Madinah setelah sellesai menunaikan ibadah umrah, saat 3 orang sahabat memperebutkan hak perwalian atas seorang gadis kecil. Para sahabat tersebuy adalah Ali bin Abi Thalib, Ja'far bin Abi Thalib dan Zaid bin Haritah. Sedangkan gadis kecil lyang menjadi bahan diskusi dan yang mereka reabutkan adalah Uamah binti Hamzah bin Abdul Muthalib, putri Hamzah sang Singa Allah.

Memang pada saat itu Umamah adalah gadis kecil yatim setelah ayah menemuai kesyahidannya di medan Perang Uhud. Ketika ibunya, Saimah binti Umais selesai masa iddahnya, maka Umamah mendapatkan ayah tiri bernama Syaddad bin al-Hadi al-Laitsi.

Ketiga sahabat mulia tadi mengajukan alsan mengapa diri merekalah yang paling pantas mesngasuhy Umamah. "Umamah adlah putri saudara ayahku dan istriku adlah putri rasullullah saw, maka aku yang pantas mengasuh Umamah." Ali bin Abi Thalib mengemukakan argumennya.

Naman Ja'far bin Abi Thalib yang tak lain adalah saudara laki-laki Ali juga sudah siap dengan pendapatnya,"Umamah juga putri saudara ayahku dan saudari ibunya adlah istriku, Asma' binti Umais."

Tak ketinggalan Zaid bin Haritsah, sang saudara angakat Hamzah, mengajukan argumennya dengan mengatakan, "Umamah adalah putri saudaraku."
Karena masing-masing pihak ingin menjadi wali Umamah, maka keputusan pun kemudian diserahkan kepada Rasulullah saw. Rasulullah lantas memberikan keputusannya: hak perwalian diberikan kepada Ja'far bin Abi Thalib.

Alasan Rasulullah salah satunya adalah Ja'far merupakan paman Umamah karena Ja'far menikah dengan bibi Umamah. Maka ia menjadi mahram bagi Umamah. Dengan keputusan itu, Umamah pun tinggal bsersama Ja'far bin Abi Thalib sampai Ja'far syahid pada perang Mu'tah. Setelah itu Umamah berpindah tinggal di rumah Ali bin Abi Thalib, sesuai dengan bunyi wasiat yang ditulis Ja'far.

Ketika Umamah tumbuh menjadi seorang gadis, Ali pernah menawarkan Umamah untuk deperistri Rasulullah. Namun Rasulullah menolak dan menjelaskan bahwa tidak mungkin bagi Rasulullah menikahi Umamah karena Hamzah adalah mahram beliau saw. Sebagai bentuk tanggung jawabnya, Rasulullah pun menikahkan Umamah dengan Salamah, yang tak lain adalah anak tiri Rasulullah dari Ummu Salamah.

sumber :http://rezahusein.blogspot.com/2010/04/umamah-binti-hamzah-bin-abdul-muthalib.html